Advertisement

iklan

Menentukan Target Profit Dalam Trading Forex

Penulis

+ -

Ada banyak cara untuk menentukan target profit dalam trading. Baik untuk profit besar maupun profit kecil. Manakah yang terbaik?

iklan

iklan

Tulisan ini awalnya hanya sebuah renungan supaya dapat menentukan target hasil yang tepat. Tepat di sini adalah merasa cukup untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ada trader yang hanya bisa menghasilkan 10% perbulan, ada yang cuma bisa 5% perbulan, tapi ada juga yang sampai 100% perbulan. Nah, karena adanya perbedaan antar trader itulah tulisan ini mulai saya susun untuk bisa dimanfaatkan oleh seluruh trader khususnya yang baru belajar.

mm6
Kalau dari saya pribadi tidak mempermasalahkan Anda ingin dapat memperoleh profit berapapun. Selama bisa dimanfaatkan untuk trading lagi dan bisa mencukupi hidup Anda, saya kira sudah bagus. Tapi, kalau ingin dibuat untuk lebih dari cukup, misalnya ingin beli mobil, atau buat rumah, bagaimana cara menetapkan target yang tepat? Apakah sebaiknya langsung menetapkan target profit besar secara kilat, atau mendapat keuntungan kecil namun konsisten?


Profit Besar
Wah cara ini memang sedikit ekstrim. Dan biasanya dipakai oleh trader-trader berpengalaman yang sudah lama berkecimpung di dunia forex dan terbiasa menggunakan gaya agresif. Akan tetapi, biasanya modal kecil dengan keuntungan besar itu pastinya efek lossnya pun cukup besar.

Para pemula biasanya sih suka banget kalau bisa untung besar walaupun besok akhirnya MC. Hehehe! Tapi setidaknya ada kepuasan tersendiri bisa hasilkan profit besar. Yah namanya juga pemula, setidaknya bisa membuktikan kalau dirinya bisa berhasil mendapatkan untung yang fantastis.

Tapi hal itu juga tidak efektif untuk mencukupi kebutuhan di masa depan. Coba saja pakai modal kecil, jika memang saat ini bisa profit besar, apakah besok masih bisa besar? Biasanya kalau saat ini bisa profit besar, esoknya laporan akun floating dan bentar lagi MC. Bukan begitu? Saya harap tidak. Hehehe!

Profit Kecil
Ini nih yang dilakukan orang-orang yang ingin konsisten. Pakai berapapun modalnya pasti bisa. Walaupun profitnya kecil, tapi konsisten menghasilkan profit. Jika ingin bisa mencukupi kebutuhan, trader-trader yang suka dengan metode ini biasanya lebih suka membesarkan modalnya. Nah, kalau pemula ingin profit gede secara cepat, tapi orang-orang pro ingin profit kecil tapi konsisten. Hayo pilih mana nih?


Kesimpulan
Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, perlu adanya perhitungan trading. Saat Anda masih pemula dan belum terlatih di dunia trading, ambillah resiko yang secukupnya. Jangan terburu untuk menargetkan profit besar dalam waktu singkat karena cara itu juga bisa mendatangkan banyak kerugian. Tapi kalau Anda sudah mahir bertrading, target profit berapapun bisa Anda tetapkan. Ketika trading Anda dapat konsisten, akan menjadi hal yang membanggakan daripada esok hari Anda Margin Call sehabis profit besar. Tidak masalah Anda bisa profit berapapun, selama Anda mampu memastikan kelangsungan trading di bulan ini, tahun ini, dan 50 tahun mendatang, maka hal itu lebih dapat dibanggakan dari pada ketika Anda mendapat profit besar dalam sekejap, namun esok pagi ditemukan Akun telah MC. Bukan begitu?

102946
Penulis

Parmadita mengenal forex mulai tahun 2010. Sejak saat itu, menggali beragam pengetahuan dan pengalaman terkait forex dari berbagai sumber, baik tentang indikator teknikal biasa, psikologi trading, maupun Expert Advisor.

Alfan Arifin
Yang jelas produk instan itu gag ada yang bertahan lama. Kualitasnya juga kacangan. Mending yang hasilnya terbukti konsisten lebih awet profitnya
Ruli Suherman
Betul. Soalnya kebanyakan yg dapat instan begitu cuman beruntung aja. Bukan karna direncanain jadi karna untung-untungan tuh gag pasti makanya gag bisa konsisten. Meskipun sekali waktu bisa dapat profit guede tapi bisa aja besoknya langsung amblas ke modal-modalnya. Di forex emang banyak momen seperti gitu. Terutama kalo manfaatin momen rilis news ato ada pengumuman mendadak dari bank sentral, harga bisa naik turun drastis. Kalo kebetulan punya posisi yg oke emang bisa profit banyak. Tapi insiden kayak gitu kan gag terjadi tiap hari.
Sigit Irawan
kslhn nubi saat mulai forex trading adlh menganggap forex sbg jln cepat kaya. lbh baik hindari itu anggapan2 n sasaran2 trading yg difokuskan bwt beli kebutuhan2 tersier. tujuan awal tradng bwt mnghslkn profit sbsr apapun asal konsisten aja udh cukup utk membangun hasil profit ke arah sana klo hasilnya konsisten. meskipun agak lama, tp yg penting sedikit2 lama2 menjadi bukit.
Muklis Shade
nah ini akibat cara pikir yang ndak realistis. mungkin juga karna kesalahan termakan promo ndak jelas. ato kurang belajar tentang forex yang sebenarnya. di jaman serba instan seperti ini emang cara mendapatkan uang juga semakin gampang dan instan. tapi untuk kehilangan uang juga gampang dan lebih cepet. terutama di forex. jadi sebelum ikutan trading real pahami dulu semua risiko baru berani tanamkan modal. jangan hanya karna peluang melimpah disini terus pasang target terlalu tinggi mnggantungkan hasil trading untuk beli rumah, mobil dsb. padahal dasar-dasar trading forex aja belum paham benar.
Faizall
@Sigit:Setuju bro, ibarat fondasi, konsistensi trading itu penting supaya hasil profit yang sedemikian itu bisa tetep terjaga. Klo dari awal konsistensinya aja udah buruk, hasil profit sebesar apapun pasti akan kemakan juga sama loss dari trading yang ndak dijaga konsistensinya itu..
Faizall
@Darien:itu untuk menjelaskan perbandingan aja bro, kalau mau trading pake modal kecil dan profit kecil pun bisa. Tapi dari contoh kasus jarang ada trader pemula yang mau seperti itu, karena hasil profitnya sama sekali ndak berasa
Inu Purbo
lah emang situ dah siap nanggung loss yang juga berasa? kalau sehabis kena loss yang menghantam terus masi bisa rasional tradingnya sih oke, tapi kalau setelah loss terus mulai menyimpang dari aturan cz pengaruh pengen balas dendam jelas belum siap buat ambil target profit yang berasa.

belajar dulu money management yang bener , supaya tau cara memperkecil risk plus maksimalkan untung. kurang baik asal ambil target besar sebelum tau seberapa besar entar risk yang bakal diterima,
Darien_fajar
lo, jd utk mulai trding dgn konsisten tu apakah hrs mulai dgn modal bsr dulu? dri penjelasan artikel klo mulai dgn modal kecil bisa ekstrim, berarti ini membatasi pemula utk trading dengan jumlah modal yg diinginkan dong???
Wawan Sutrisna
Implikasinya seperti itu. Tapi jika memang kemampuan trader adalah untuk mulai dengan modal rendah, maka perhatikan sistem trading yang harus dijalankan dan disiplin penggunaannya. Serta cara berpikir yang realistis dalam menerapkan target juga adalah inti di sini. Sudah disebutkan bahwa modal kecil = profit kecil, modal besar = profit besar. Jangan sampai dibalik. Pertama mungkin hanya bisa daftar dengan modal kecil, trading dengan ukuran kecil, punya target profit yang kecil pula. Namun apabila berhasil konsisten profit kecil yang terus terkumpul itu lama-lama akan menjadi besar. Dan dengan kemampuan yang semakin terasah menjadikan diri sebagai trader yang mahir sehingga bisa mulai memperbesar target dengan menambah modal.
Kacang
aku penasaran nih..faktanya..yg terjadi di forex tuh yg mn to?modal gede profit kecil ato modal kecil profit segunung? kyk prinsip ekonomi. para pemain super besar seperti bank negara-bank hedging-personal investor sekelas goerge soros. mainny gmn sih? kalo sampe para pemain baru sampai mengamini konsep modal kecil profit gede itu drmn asalny? jika anggapan itu salah kenapa celah-celah untuk itu masih tetep dibuka ya? contohny penggunaan lev besar sampai ratusan bahkan ribuan. penggunaan akun recehan.itu jg dibolehkan.mungkin broker forex jg hrsmmelakukan regulasi hanya duit gede aj yg boleh main. kasian kan para pemain baru
Adhit Dimas
@kacang: gw pikir juga mustix bukan bsr modal yg difokusin disini tapi cara trading sm cara pandangx . yg gw tarik sih disini para nubi lebih terbatas pilihanx karna musti realistis. mau pasang modal kecil ya ngarepx dapet profit kecil. mau dapet profit besar ya musti tanam modal besar. sedangkan trader pro udah bisa sembarang mau modal kecil profit besar, modal besar profit kecil bisa 2 aja. iya emang broker yg nyasar trader 2 pemula bermodal kecil sekarang makin banyak. ada leverage besar itu mending jangan terlalu dimanfaatkan kl pingin tetep realistis. ambil yg tengah 2 aja 1:100 misalnya, lot juga minim aja pake micro misalnya. g apa profit kecil, yg penting risiko juga bisa kecil. betul g?

Kesulitan Akses Seputarforex?
Buka melalui
https://bit.ly/seputarforex

Atau akses dengan cara:
PC   |   Smartphone

AWAS
Grup Telegram Palsu Mengatasnamakan Seputarforex!

Baca Selengkapnya Di Sini