Advertisement

iklan

Membenahi Kurangnya Disiplin Pada Money Managemnet

iklan

iklan

Money Management

2020
Saya akui saya untuk money management masih kurang sekali Pak, caranya gimana ya biar lebih bisa? Hal apa lagi yg harus diprharikan selain money management?
07 Jan 2021
Untuk Kharisma,

Memahami dan mengaplikasikan konsep money management (MM) sebenarnya sederhana saja. Akan tetapi, meskipun terdengar sederhana nyatanya masih banyak trader forex yang sering lupa atau tidak dapat disiplin terhadap aturan money management ini.

Aturan MM sebenarnya simple. Pertama, Anda hanya cukup memutuskan berapa resiko kerugian yang dapat Anda terima. Besarnya resiko kerugian ini bisa ditentukan per trade atau resiko kerugian total dalam satu hari perdagangan. Lalu setelah Anda memutuskan besaran resiko yang bisa ditoleransi, selanjutnya adalah saatnya Anda menentukan target yang potensial. Sama saat seperti Anda memutuskan resiko, target keuntungan bisa ditentukan per trade atau total keuntungan yang didapat selama satu hari perdagangan.

Normalnya, aturan MM yang “sehat” adalah menentukan target yang lebih besar dari resiko. Contohnya, jika Anda bersedia menerima kerugian sebesar USD 10, maka sewajarnya Anda harus menentukan target keuntungan yang lebih besar dari USD 10 tadi (angka minimum ya tentu saja sebesar USD 11). Dengan adanya aturan tersebut, maka suasana trading Anda akan lebih sehat dan dapat meraih profit dalam jangka panjang.

“...caranya gimana ya biar lebih bisa?”

Tidak ada caranya. Karena pada dasarnya konsep MM sebenarnya adalah hal yang sangat sederhana. Semua trader pasti bisa melakukannya. Akan tetapi kunci agar terbiasa menggunakan konsep MM yang baik dan benar tentunya adalah sikap membiasakan diri dan disiplin.

“...Hal apa lagi yg harus diprharikan selain money management?”

Agar bisa meriah profit yang diharapkan, selain menggunakan konsep MM yang benar tentu harus diiringi oleh strategi trading yang teruji. Karena kedua elemen tersebut merupakan komponen utama dalam bertrading dan sifatnya saling mengikat/tidak dapat dipisahkan.

Semoga bisa membantu.

Kategori Money Management

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Penjelasan Margin Call VS Free Margin? Zul 33 6129 2018
Penyebab trading dengan emosi berasal dari lot yg kebesaran? Putra Dermawan 11 291 05 Des 2021
Modal 10 Dolar, Berap Maksimal Lot? Bodong 10 50352 2015
Perhitungan Ketahanan Akun Cent Modal 1$ Dengan Leverage 1:100... Mas Jon 10 8087 2019
Apakah Money Management Saya Sudah Ideal? Gio 10 3067 2016
1 Lot Berapa Dolar? Andi 9 39196 2016