EUR/USD 1.064   |   USD/JPY 154.630   |   GBP/USD 1.243   |   AUD/USD 0.641   |   Gold 2,386.17/oz   |   Silver 28.63/oz   |   Wall Street 37,775.38   |   Nasdaq 15,601.50   |   IDX 7,063.10   |   Bitcoin 63,512.75   |   Ethereum 3,066.03   |   Litecoin 80.80   |   PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) mencatat jumlah pengunjung saat libur lebaran 2024 ini mencapai 432,700 orang, 2 jam lalu, #Saham Indonesia   |   S&P 500 turun 0.2% menjadi 5,039, sementara Nasdaq 100 turun 0.4% menjadi 17,484 pada pukul 20:09 ET (00:09 GMT). Dow Jones turun 0.2% menjadi 37,950, 2 jam lalu, #Saham AS   |   Netflix turun hampir 5% dalam perdagangan aftermarket setelah prospek pendapatannya pada kuartal kedua meleset dari estimasi, 2 jam lalu, #Saham AS   |   Apple menghapus WhatsApp dan Threads milik Meta Platforms (NASDAQ:META) dari App Store di Cina pada hari Jumat setelah diperintahkan oleh pemerintah Cina, 2 jam lalu, #Saham AS

Target Profit Untuk Pemula

Take Profit

2020
Saya trader pemula baru 5 bulan trading, mau buat siistem trading yang efisien. Kira2 biar efisien target profitnya ditentukan seperti apa ya? Hal-hal apa saja yg juga harus dipertimbangkan? Profitnya jangakan pendek ini gak terlalu besar sih, usd 5 per hari apa kebanyakan?
2020

@Sigit: Kira2 biar efisien target profitnya ditentukan seperti apa ya?

Target profit ditentukan berdasarkan performa akun dengan sistem yang digunakan. Membuat sistem trading tidak bisa dimulai dengan menentukan target profit, namun dimulai dengan konsep yang benar tentang peluang dan bagaimana cara memanfaatkan peluang tersebut.

Banyak sekali metode yang bisa digunakan, Anda cukup gunakan salah satunya dan kuasai metode tersebut. Saran saya, jangan terburu-buru masuk ke akun real jika belum mempunyai sistem trading, hal ini akan berujung pada tidak konsistennya hasil trading. Banyak pemula terjebak disini karena mencoba mencari jalan pintas yang sebenarnya tidak ada.

Tentukan sistem trading yang digunakan, lalu ujilah selama beberapa bulan. Dari hasil pengujian tersebut, Anda mempunyai gambaran yang jelas berapa target persentase profit perbulan yang bisa Anda dapatkan secara detail.

Hal-hal apa saja yg juga harus dipertimbangkan?

Hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan target profit adalah kemampuan Anda yang dibuktikan dengan data dan angka.

  • Berapa persentase profit perbulan yang bisa dihasilkan?
  • Berapa maximum drawdown selama akun berjalan?
  • Berapa risiko per transaksi yang digunakan?
  • Berapa banyak maksimal loss berturut-turut dari sistem tradingnya?

Pertanyaan-pertanyaan diatas harus dijawab dengan data dan angka. Anda harus membuat sistem trading terlebih dahulu lalu mengujinya untuk bisa menjawab pertanyaan diatas.  

Profitnya jangakan pendek ini gak terlalu besar sih, usd 5 per hari apa kebanyakan?

Seperti yang saya jelaskan diatas, ini bukan $5 perhari atau $500 perhari. Ini tentang perfoma real yang bisa dibuktikan dengan data dan angka.

Dalam trading tentu kita harus optimis, namun tetap realistis. Realistis inilah yang saya nyatakan dengan data dan angka sebagai barang bukti performa sistem trading Anda di market.

Semoga bisa membantu, terima kasih.

2020

Makasih penjelasannya Pak, saya baca dan pahami dulu. kalau ada yg kurang jelas nanti saya tanya lagi. terima kasih.

19 Jul 2023

@ Sigit:

Besarnya profit dalam trading tidak bisa ditargetkan di awal. Besarnya profit secara keseluruhan adalah tergantung dari besarnya win rate atau persentase profit dari sistem trading yang Anda gunakan setelah diuji coba, baik secara backtest maupun forward test.

Sistem trading terdiri dari metode entry dan exit, strategi entry dan money management.
Metode entry dan exit menggunakan analisa teknikal, strategi entry bisa berdasarkan analisa teknikal atau analisa fundamental, sedang pengaturan money management terdiri dari risk management dan risk/reward ratio setiap kali entry. Agar dalam jangka panjang hasil trading Anda bisa profit Anda harus menentukan risk/reward ratio pada setiap trade lebih tinggi dari 1:1.

Metode entry dan exit yang umum adalah kombinasi antara price action dan indikator. Strategi entry adalah cara yang Anda gunakan untuk entry.

Yang perlu diketahui agar sistem trading bisa digunakan dengan baik:

1. Uji sistem tersebut dengan backtest (ditest pada kondisi pasar yang telah lewat) dan atau forward test (ditest pada kondisi pasar sekarang dalam account demo), dan lihat persentase profitnya. Kalau persentase profit kurang dari 50% benahi lagi sistem tersebut.
2. Buat rencana trading yang jelas, lengkap dengan kriteria untuk entry dan exit, resiko per trade dan risk/reward ratio.
3. Jalankan rencana trading tersebut dengan disiplin, dan kendalikan emosi sewaktu trading. Rencana dan proses dalam trading seharusnya tidak dipengaruhi oleh emosi.
4. Buat jurnal trading untuk evaluasi. Benahi mana yang kurang dan tingkatkan persentase keuntungannya.

 

23 Agu 2023
Untuk Sigit,

Target profit yang realistis adalah target profit yang diukur dengan besaran persentase sesuai dengan kemampuan dari sistem trading itu sendiri. Untuk mengetahui berapa persen yang bisa anda raih, sebaiknya lakukan uji coba terlebih dahulu selama kurun waktu tertentu.

Jika sudah melakukan uji coba dan sudah mengetahui seberapa besar persentase keuntungannya, maka barulah anda bisa menentukan target yang realistis. Misalnya dalam 5 bulan pengujian didapat keuntungan total sebesar 25% dari modal. Maka itu artinya dalam periode satu bulan trading bisa mendapatkan keuntungan rerata sekitaran 5% dari modal.

Jika sudah mengetahui persentase keuntungan yang didapat, maka barulah anda bisa menentukan target keuntungan yang lebih besar atau lebih kecil. Yang perlu diperhatikan ketika memperbesar target keuntungan atau memperkecil keuntungan adalah pengaturan posision sizing dan risk:reward ratio dalam money management saja. Karena kedua komponen tersebut yang memiliki peranan penting dalam pencapaian target keuntungan.

Semoga bisa membantu.

Kategori Take Profit

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Swing Trading menyentuh TP? Wilmar 11 798 2022
Target Profit Ideal Untuk Swing Trader? Kasimo 10 958 2021
Kapan waktu paling tepat untuk take profit? Wiguna 9 554 2022
Apa itu Take Profit? Usman Mudhar 6 3513 10 Mei 2023
Bagaimana Cara Profit 200ribu Per Hari Dari Trading? Gunanto 5 5633 2018
Berapa target profit ideal untuk modal trading 10 juta? Imas 5 1005 2022